Tuesday, July 10, 2012

Mantan Karyawan Nokia Akan Hadirkan Smartphone Berbasis MeeGo

BY Populeritas No comments

Sistem operasi mobile berbasis Linux kernel yaitu MeeGo, yang merupakan sistem operasi mobile yang terdapat pada smartphone Nokia N9 dan N950 ini sempat dikabarkan akan memiliki masa depan yang cerah. Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada satupun developer yang bersungguh-sungguh untuk mengembangkan sistem operasi mobile tersebut. Bahkan beberapa kalangan tertentu berpendapat bahwa saat ini sistem operasi mobile berbasis Linux tersebut sudah berakhir.



Kini, MeeGo dikabarkan akan dikembangkan oleh sekelompok orang, yang ternyata semuanya adalah mantan pegawai dari perusahaan ponsel terbesar asal Finlandia, yaitu Nokia. Kelompok tersebut akan membangun sebuah perusahaan, Jolla Mobile, yang bertujuan untuk mengembangkan MeeGo, sekaligus juga menghadirkan perangkat smartphone-nya.

Menurut berita yang kami sadur dari The Verge, Marc Dillon, selaku CEO Jolla Mobile, telah memberikan sebuah pernyataan bahwa “Nokia sudah menciptakan beragam produk smartphone yang fantastis. Maka dari itu, sangat pantas untuk dilanjutkan bersama-sama berkontribusi didalam melanjutkan kesuksesan MeeGo”. Sebagai informasi tambahan, Marc Dillon telah berbakti selama hampir 11 tahun dengan Nokia dan menjabat sebagai insinyur kepala proyek MeeGo.
Jika rencana tersebut terealisasi, tentunya kabar ini sekaligus juga menjadi kabar yang menggembirakan bagi para pemilik smartphone Nokia N9 dan N950.

0 comments: