Tuesday, July 10, 2012

Membocorkan Foto Kamera Di Instagram, Model Dituntut Jutaan Dollar

BY Populeritas No comments

Kelalaian sesaat terkadang bisa menyebabkan kehilangan uang yang cukup besar. Inilah yang dialami Angela Yeung Wing, atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Angelababy ketika membocorkan photo dari kamera Panasonic Lumix DMC-GF5 ke dalam jejaring sosial Instagram. Kejadian yang terjadi Maret lalu ini tidak hanya membuat Angelababy kehilangan pekerjaannya sebagai model iklan untuk kamera tersebut, tetapi kemungkinan besar akan membuatnya terpaksa membayar jumlah yang cukup besar kepada Panasonic.



Panasonic telah mengajukan tuntutan sebesar 9.910.014 yuan (kurang lebih US$1.566.980 atau Rp14.631.000.000,-) ditambah satu juta yuan lagi atas pembocoran foto tersebut. Panasonic mengklaim bahwa dengan tindakan yang dilakukan Angelababy itu melanggar hukum dengan membocorkan rahasia dagang yang berpengaruh sekali kepada strategi dan marketing plan mereka. Biro iklan yang bertanggung jawab atas kampanye Panasonic (dan tentunya tuntutan kerugian yang diajukan Panasonic) menuntut balik Panasonic dengan alasan kontrak Angelababy diputuskan secara sepihak dengan landasan hukum yang tidak jelas.





Memegang hardware-hardware sebelum mereka hadir ke pasaran memang memiliki tantangan tersendiri, kadang tersentuh rasa ingin berbagi atau sekadar pamer di jejaring sosial bahwa kita telah memiliki hardware tersebut sebelum orang lain. Di satu sisi kita pun harus menghormati produsen yang mencoba melindungi kerahasiaan produk mereka karena itu merupakan hak mereka. Mungkin ini bisa menjadi pelajaran untuk saling menghormati dan bagaimana kelalaian sesaat bisa membuat kita kehilangan uang dengan jumlah yang banyak

0 comments: