Monday, August 6, 2012

83 Juta Akun Palsu Ada di Facebook

BY Populeritas No comments

Lebih dari 83 juta akun palsu, atau sekitar 8,7% dari 955 juta total akun, bertebaran di Facebook! Hal tersebut terungkap dalam laporan kuartal yang diberikan Facebook ke Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat beberapa hari yang lalu. 

Berdasarkan informasi dari pihak Facebook, dari total 8,7% akun palsu yang ditemukan, akun kembar meraih porsi paling banyak dengan persentase 4,8%. Posisi berikutnya dihuni oleh akun mencurigakan dengan 2,4% dan terakhir akun yang sering melanggar peraturan dengan 1.5%.

Jumlah akun palsu tersebut ternyata meningkat drastis dibandingkan dengan laporan yang diberikan Facebook di bulan Maret 2012 lalu. Saat itu, Facebook memperkirakan ada sekitar 42 juta akun palsu di Facebook, atau 5% dari total pengguna saat itu, yaitu sekitar 845 juta. Bila dibandingkan dengan data bulan Maret 2012 tersebut, jumlah akun palsu yang ada saat ini telah bertambah hingga mendekati dua kali lipat!

Meningkatnya jumlah akun yang diidentifikasi sebagai akun palsu tersebut tidak terlepas dari perubahan kebijakan yang diambil Facebook terkait pelaporan akun yang dicurigai sebagai akun palsu oleh para pengguna. Bila sebelumnya Facebook hanya memberikan opsi untuk melaporkan akun yang dinilai sebagai akun kembar, kini mereka memasukkan opsi untuk melaporkan akun dengan data yang mencurigakan dan akun yang seringkali melanggar terms of services Facebook. Hal itu, disamping terus meningkatnya jumlah pengguna Facebook, menjadi alasan dibalik meningkat drastisnya jumlah akun yang teridentifikasi sebagai akun palsu di Facebook tersebut.

sumber: jagatreview.com

0 comments: