Monday, December 16, 2013

PENGERTIAN DAN FUNGSI BIOS (BASIC INPUT OUTPUT SYSTEM)

BY Populeritas 1 comment



MAKALAH
PENGERTIAN DAN FUNGSI BIOS (BASIC INPUT OUTPUT SYSTEM)

Nama         :           1. Endah Sakti Maharani          - 11.0504.0062
2. Jerry Andrianto                    - 11.0504.0084


  • PENGERTIAN BIOS
    BIOS merupakan perangkat lunak yang bertugas melakukan perintah kerja secara manual pada saat masuk. Sistem Operasi (SO).  Bios memiliki singkatan dari Basic Input Output System. Bios terletak pada papan motherboard yang terpasang menempel pada papan. Meskipun BIOS tidak mampu memberikan komunikasi seperti perangkat lain yang memiliki kemampuan tingkat tinggi, namun BIOS mampu mengendalikan semua jenis perangkat keras melalui keyboard.

  • FUNGSI BIOS
    Menjalankan perintah dengan istilah Power on Self Test. Sebelum kita menginstal sebuah komputer maupun laptop baru, tentu hal yang pertama kita lakukan adalah melakukan test dengan cara mengecek beberapa perangkat yang ada pada komputer. BIOS juga bisa memberikan informasi yang akurat mengenai spesifikasi piranti yang terinstal melalui papan motherboard.


    Jika ada kesalahan yang terdeteksi pada saat tes, maka bios memerintahkan komputer untuk memberikan kode yang mengungkapkan masalah tersebut. Kode kesalahan biasanya serangkaian beep terdengar lama setelah startup.


    Pengaturan konfigurasi proses dasar sebelum masuk sistem operasi. Dilakukan pada saat menginstal perangkat lunak windows pada komputer, BIOS  mengatur lalu lalang dari berbagai perangkat lain berdasarkan fungsinya masing – masing tanpa crash. Pengaturan konfigurasi ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang yang ingin meningkatkan kerja komputer agar lebih cepat dengan biaya yang murah dilakukan pada saat over clocking sebuah desktop komputer. Meskipun BIOS bisa menjalankan perintah namun tidak semua motherboard mampu mengeksekusinya karena masing – masing motherboard memiliki kemampuan kerja masing -  masing berdasarkan spesifikasinya.


    Munculnya sistem operasi baik itu windows, linux, ubuntu dan jenis sistem operasi lainnya merupakan bantuan dari BIOS, BIOS akan melakukan perintah boot manakala yang digunakan pertama adalah sistem operasi, kalau pada windows biasanya terletak di C untuk sistem. Maka BIOS melakukan perintah sesuai yang kita set.


    BIOS membantu dalam pengaturan hardware

    Sering dijumpai pada sebuah unit komputer mengalami kegagalan pada sistem sehingga windows tidak bisa muncul pada papan layar. Ini disebabkan karena kesalahan pada setting BIOS yang tidak sesuai dengan prosedur aturan.
  •   PERBEDAAN BIOS DAN SO

    SISTEM OPERASI  

    a.      
    Memory penyimpanan adalah RAM
    b.     
    Sistem Operasi Temporer
    c.      
    Media penyimpanan adalah hardisk, disket
    d.     
    Sistem operasi dapat mengatur sistem kerja komputer
    e.      
    Sistem operasi itu  merupakan sebuah perantara program aplikasi

    BIOS

    a.      
    Memory penyimpanan adalah ROM
    b.     
    Bersifat permanen
    c.      
    Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer
    d.     
    Mengatur keyboard, tampilan layar dan peripheral yang lain
    e.      
    Bios bukan perantara program aplikasi
  • KESIMPULAN
    BIOS merupakan bagian dari komputer yang berisi kumpulan informasi tentang motherboard. BIOS  memberikan informasi terhadap perangkat keras lainnya dan melakukan interaksi dari perangkat satu ke perangkat lainnya secara langsung. Bios mengatur laju sistem boot pada saat komputer dinyalakan dengan setting konfigurasinya pada menu BIOS. Arus pada masing – masing perangkat juga bisa di setting melalui menu BIOS agar perangkat hardware bisa bekerja secara maksimal. Sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak sistem yang dapat mengatur dan mengendalikan perangkat keras tentunya sistem operasi tidak dapat langsung bisa mengendalikan perangkat keras tanpa ada informasi yang diperoleh dari BIOS.
  • Karya makalah : Endah Sakti Maharani
  •  Sumber  :
    -        www. Softwaremaniapc.com
    -        artikel “ pengertian dan fungsi bios”









1 comments:

jejak blogger said...

terima kasih gan.sudah jelasin artikel mengenai
Pengertian,Fungsi,Dan Macam-Macam Bios